The Power of Words

By : Yudha Dwi Laksono (Trainer muda “Mind Power Motivation”)

Scrabble-words

Ini adalah ulasan dari apa yang biasa disebut “The Power of Words”. Ungkapan ini terlihat sederhana, namun sebenarnya memiliki kemampuan besar dalam mempengaruhi perjalanan hidup seseorang.

“SEBUAH KATA DAPAT MEMENGARUHI PERJALANAN HIDUP SESEORANG”.

Ungkapan diatas merupakan salah satu dasar agar seseorang dapat meraih impiannya.Tak banyak diantara kita yang menyadari bahwa sebuah kata yang kita ucapkan memiliki dampak yang cukup besar bagi pengembangan diri kita; baik dalam segi sosial, budaya,politik, dan bahkan dalam segi pencapaian hidup seseorang.Sebagian besar dari kita melihat sebuah kata dengan cara yang sederhana. Kata dalam pemikiran kebanyakan orang hanyalah alat untuk berinteraksi dengan orang lain.

Berhati-hatilah dengan apa yang kita pikirkan karena ia bisa menjelma menjadi rentetan kata. Ada baiknya jika kita mampu memilih kata-kata positif karena kata yang kita ucapkan akan melahirkan sebuah tindakan yang kemudian akan menjadi sebuah kebiasaan. Mawaslah dengan kebiasaan kita sendiri karena kebiasaan tersebut dapat membentuk kepribadian kita. Dan pada akhirnya, kepribadianlah yang akan menghantarkan kita kepada keberuntungan, juga kepada kebuntungan (kerugian). Ketika secara berulang-ulang kita berpikir untuk sukses, maka pikiran kita akan bekerja dan membantu kita mencari cara yang tepat supaya kesuksesan dapat diraih, sehingga kemudian terdorong untuk mencapainya. Sebaliknya, ketika kita percaya bahwa sesuatu itu tidak mungkin, maka pikiran kita akan mencari bukti yang membenarkan kenapa sesuatu itu layak untuk dikatakan tidak mungkin. Jika kita belajar ilmu komunikasi, kita akan mengenal istilah NLP atau biasa disebut dengan Neuro Linguistic Programming, yaitu sebuah program revolusioner yang memaparkan keajaiban sebuah kata dan pola pikir seseorang. NLP memberikan pengetahuan dasar bahwa apa yang kita pikirkan dan katakan memberikan respon yang cukup besar bagi kehidupan seseorang didunia ini.

Lain halnya dengan NLP, jika anda pergi ke toko buku banyak dijual buku yang menjelaskan tentang kedahsyatan sebuah kata. Salah satu buku yang cukup menarik untuk disimak adalah buku The Law of Attraction, yaitu sebuah buku yang menjelaskan bahwa suatu hukum yang dapat mempengaruhi pencapaian kita dalam kehidupan ini. Hukum tarik-menarik ini menjelaskan hubungan penting akan kata-kata dan alam bawah sadar kita. Ketika kita berkata “tidak” saat ingin mencapai satu hal, alam bawah sadar akan mempersiapkan hal-hal yang membenarkan hal tersebut hingga akhirnya kita yakin bahwa hal tersebut betul-betul tidak mungkin terjadi.Begitupula sebaliknya, jika kita selalu mengisi pikiran kita dengan kata positif, maka alam bawah sadar kita akan mempersiapkan hal-hal yang memberi kita peluang lebih besar untuk mencapai hal tersebut.Saat seseorang yang belum terlalu memahami betapa luar biasanya kata-kata yang dia gunakan, maka itu hanya akan menjadi malapetaka besar dalam hidupnya, bahkan mampu mempengaruhi kehidupan orang lain. Pengaruh kata-kata tidak hanya dapat mempengaruhi orang lain, tapi juga dapat mempengaruhi si penutur kata-kata tersebut.

Oleh karena itu, penting bagi kita untuk mengetahui arti sebenranya dari ungkapan “The Power Of Words”. Selain berfungsi sebagai bahasa komunikasi, kata-kata juga memiliki aspek penting yang dapat mempengaruhi segala tindakan yang akan kita lakukan nantinya. Perhatikan sekali lagi apa yang kita pikirkan dan ucapkan. Apa yang terjadi setelahnya merupakan representasi dari apa yang kita pikirkan dan ucapkan sebelumnya. Memang tidak mudah untuk memelihara pikiran dan ucapan positif, namun dengan cara ini kita akan mampu memberikan dampak positif bagi perkembangan diri pribadi kita maupun orang-orang disekitar kita.

PERCAYA dan YAKIN akan membuahkan sikap kreatif, sehingga kita akan senantiasa menemukan cara bagaimana untuk BISA mencapai apa yang kita inginkan. Keduanya akan membantu kita membangun jalan menuju tujuan kita. Sebaliknya, keraguan akan menjadi penghalangbagi adanya kreativitas, sehinggapada akhirnya kitapun akan mulai berpikir destruktif (pesimis) yang berbuah pada karakter mudah menyerah, daya juang rendah, menunda, malas dan banyak alasan. Bermimpilah besar, berpikirlah positif, ucapkan dengan lisan yang baik, dan wujudkan melalui tindakan nyata. Terakhir, lihatlah hasilnya. Kita pasti akan puas! (ydl)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s