Desa Tanpa Sinyal

#meaningful

Rabu, 24 Juli lalu adalah jadwal kami survei ke lokasi tempat program Banyuwangi Berbagi akan dilaksanakan. Yap, kami pergi ke Desa Sumbernanas, Kecamatan Kalipuro, Kabupaten Banyuwangi.

Termiskin

Desa Sumbernanas merupakan desa yang terletak paling ujung Kecamatan Kalipuro. Desa ini terletak di tengah hutan milik Perhutani sehingga sangat jauh dari keramaian. Kondisi jalan menuju desa ini tergolong jelek (hanya bebatuan dan tanah yang kadang tidak rata), hanya bisa dilewati oleh motor nonmatic dan pick up atau truk. Jangan berharap membawa motor matic atau city car (cem Jazz, Avanza, dll), takut nanti pulangnya “kenapa-napa”, hehe. Mungkin karena kondisi inilah Desa Sumbernanas cukup terisolasi dari lingkungan luar. Desa ini juga dinobatkan sebagai desa termiskin se-Kecamatan Kalipuro. Sebagai pengetahuan tambahan, Kecamatan Kalipuro sendiri merupakan kecamatan termiskin di Kabupaten Banyuwangi dan rangking dua termiskin di Jawa Timur. waw.

Sederhana

Warga Desa Sumbernanas sangat jauh dari kemewahan. Sebagian besar warga mencari penghidupan di hutan, entah mencari kayu…

Lihat pos aslinya 325 kata lagi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s