Semangat Prestatif Banyuwangi Berprestasi

bp

Long-long ago.. sudah hampir satu bulan yang lalu tepatnya, acara ini berlangsung. Seharusnya sudah saya posting beritanya pada pekan-pekan yang lalu, ternyata tidak sempat. Yasudah, sekarang saja.

Sudah familiar kan dengan Banyuwangi Berprestasi? Oke, saya anggap lupa, saya ulang ya, hehe. Banyuwangi Berprestasi merupakan salah satu dari tiga rangkaian acara Ramadhan Penuh Cinta 2013 yang diselenggarakan oleh Ikatan Alumni Pelajar Banyuwangi atau (lebih terkenal dengan) IAPB. Acara ini ditujukan untuk para siswa-siswi SMA yang ada di Banyuwangi (meskipun baru sebagian SMA saja) agar mereka yang tidak mampu namun memiliki prestasi bisa mendapat fasilitas pendidikan yang layak seperti siswa-siswi lain yang tergolong mampu. Salah satu yang bisa kita berikan adalah paket Bimbingan Belajar untuk tiga peserta terbaik. Program ini diawali dengan seleksi berkas. Berkas yang diseleksi antara lain biodata (CV), esai, dan piagam penghargaan/bukti prestasi. Kalau saya tidak salah ingat, alhamdulillah ada 80an berkas yang masuk ke panitia, yang dikirim oleh siswa-siswi dari berbagai SMA di Banyuwangi. Dari proses seleksi berkas ini diambil 10 peserta terbaik yang akan mengikuti tahapan selanjutnya. Yup, tahapan selanjutnya adalah pembinaan. 

Tahap pembinaan diselenggarakan pada hari Kamis (01/8) berlangsung selama setengah hari, mulai siang hingga menjelang maghrib. Materi yang diberikan adalah tentang leadership, entrepreneurship, dan presentation skill. Sayangnya, pemateri leadership tidak bisa datang.

materi bp1

materi bp2

materi bp3

Para finalis sangat bersemangat mengikuti pembinaan ini. Beberapa dari mereka aktif bertanya dan berdiskusi dengan pemateri. Good.. good. Oiya, hampir lupa, dari 10 finalis ini 3 orang berasal dari SMAN 1 Glagah, 3 orang dari SMAN 1 Banyuwangi, 2 orang dari SMAN 1 Rogojampi, dan 2 orang lagi dari MAN Banyuwangi. Di akhir tahap pembinaan ini para finalis diberikan tugas studi kreatif dalam mengembangkan potensi yang dimiliki oleh Banyuwangi sesuai dengan passion mereka, sekaligus membuatnya dalam bentuk presentasi. Tahap penilaian tugas dan presentasi dilakukan pada hari Sabtu (03/8).

Hari Sabtu, para finalis datang dengan membawa “amunisi”nya masing-masing. Mereka yang membawa file presentasi berpresentasi menggunakan infokus, sedangkan yang lainnya ada yang berpresentasi menggunakan kertas bergambar, ada pula yang hanya dengan lisan. Waah, keren. Mau tahu bagaimana gaya para finalis ini berpresentasi? Yuk, kita lihat foto-foto di bawah ini.

1

2

3

4

Pak Sucahyo, finalis, dewan juri, dan beberapa panitia.Pak Sucahyo, finalis, dewan juri, dan beberapa panitia.

Meskipun para finalis ini memiliki waktu hanya 2 hari untuk studi dan membuat presentasi, tapi dari performa mereka terlihat bagaimana mereka sangat bersemangat mengikuti kegiatan ini. Semoga semangat prestatif (dan kreatif) ini tetap berlanjut di hari-hari berikutnya. Saya yakin dengan adanya peran aktif siswa-siswi kreatif seperti mereka, Banyuwangi akan menjadi lebih baik dan lebih baik lagi. Kita do’akan saja. Aamiin.. :)

Pagi sampai siang para finalis presentasi, sorenya langsung keluar pengumuman. Tiga siswa terbaik dipilih untuk menerima paket Bimbingan Belajar dari PRIMAGAMA, yaitu senilai 1jt, 750rb, dan 500rb rupiah. Pengumuman siswa terbaik dilakukan di tengah-tengah acara ketiga kami, yaitu Buka Bersama dan Santunan 555 Anak Yatim, Piatu, dan Dhu’afa’ se-Banyuwangi. Pemberian hadiah secara simbolis dilakukan oleh Pak Sucahyo selaku pembina IAPB, saya selaku Ketua umum, dan kawan saya Intan selaku penanggungjawab program Banyuwangi Berprestasi. Seperti biasa, setelah penyerahan hadiah selesai, kami berfoto. hehe. Kali ini MC (Lina dan Pipit), dan beberapa panitia juga ikut foto.

6

Saya pikir, cerita tentang Banyuwangi Berprestasi hanya sampai di sini. Pada edisi selanjutnya, saya (atau kami) akan bercerita tentang acara Buka Bersama dan Santunan 555 Anak Yatim, Piatu, dan Dhu’afa se-Banyuwangi, termasuk kisah suka-duka kami, tenang-panik, senyum-mewek, dan segala macemnya. Semoga kawan-kawan tetap setia (dan tidak bosan) membaca tulisan-tulisan saya ya, meskipun kadang membosankan, hehe..

Untuk adik-adikku alumni Banyuwangi Berprestasi angkatan #1, tetaplah berprestasi, tetaplah bersemangat dalam meniti cita-cita kalian.

Percayalah bahwa karya sekecil apapun, akan mampu membawa perubahan jika kita mau mewujudkannya. InsyaAllah.. (hbb)


Salam hangat kami,
Ikatan Alumni Pelajar Banyuwangi (IAPB)

One response to “Semangat Prestatif Banyuwangi Berprestasi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s